SMARTGIS FOR URBAN AND REGIONAL PLANNING

GISTARU dikembangkan guna mendukung pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan terutama dalam hal penataan kawasan. Aplikasi membantu perencana tata ruang untuk melakukan kajian wilayah secara menyeluruh serta mengkoordinasikan rencana pengembangan kawasan agar selaras terhadap visi pembangunan. Penyusunan basis data dilakukan dengan memperhatikan
  • Permen ATRBPN no 1 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan RTR Provinsi, Kabupaten dan Kota serta Permen ATRBPN no 16 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan RDTR Dan Peraturan Zonasi Kabupaten/Kota
  • Pengembangan Pedoman dan Peraturan pada penyusunan RDTR di daerah

Jalankan Aplikasi   

Tentang Penataan Ruang

Kalimantan Tengah (disingkat Kalteng) adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah memiliki luas 157.983 kmĀ². Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi ini memiliki populasi 2.202.599 jiwa, yang terdiri atas 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan. Data BPS Kalimantan Tengah tahun 2018 menunjukkan penduduk provinsi ini tahun 2017 bertambah menjadi 2.605.274 (Laki-laki 1.361.715 jiwa dan perempuan 1.243.559 jiwa).[1] Kalimantan Tengah mempunyai 13 kabupaten dan 1 kota.

Bentang alam dengan dominasi hutan primer kini tersisa hanya sekitar 25% dari luas wilayah yang mulai dimanfaatkan untuk perkebunan Kelapa Sawit seluas 700.000 ha (2007).

Fitur dan Manfaat

Pada tingkat operasional, pemodelan layer kajian sedapat mungkin memanfaatkan RDTR sebagai pijakan sambil melihat arahan RTR (Rencana Tata Ruang) Kabupaten atau Kota, RTR Provinsi hingga acuan RTRW Nasional. Muatan dasar Rencana Tata Ruang baik pola ruang, struktur serta rencana kawasan strategis di daerah diperkaya dengan berbagai layer IGT pendukung dari berbagai wali data hasil integrasi Kebijakan Satu Peta.

MARK LOCATION

Lokasi dapat ditemukan secara cepat melalui fitur geocoding. Geser atau Klik marker untuk mendapatkan informasi dasar kajian tata ruang.

LAYERS AND OVERLAYS

Tambahkan berbagai layer Informasi Geospasial Tematik/IGT melalui layer katalog. Atur komposisi layer dan manfaatkan pilihan opsi peta dasar.

OBSERVE SITE

Amati berbagai bentuk irisan pada kawasan, pola beserta struktur ruang, dan gunakan fitur aplikasi untuk memperkaya pengamatan.

BETTER DECISION

Manfaatkan hasil analisa geospasial sebagai bahan telaahan teknis informasi lokasi maupun untuk tujuan sinkronisasi rencana tata ruang dan rencana pembangunan.